Lagi, Santri Dayah Ulee Titi Juara Baca Kitab

AF News – Banda Aceh: Dayah Ulee Titi, Gampong Siron, Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten Aceh kembali menoreh tinta emas di ajang festival baca kitab.  Usai menobatkan diri sebagai juara umum tingkat Kabupaten Aceh Besar pertengahan bulan silam, kini dayah pimpinan Abu H. Athaillah Ishaq Al-Miry itu kembali memboyong piala festival tingakat Provinsi Aceh di Banda Aceh, Kamis (7/11/2019).

Festival yang bertajuk “Mewujudkan Aceh Carong Melalui Baca Tulis Manuskrip Bagi Santri” tersebut,  memperlombakan Manuskrip kuno karya mufti kerajaan Aceh masa Sultan Iskandar Muda, Syaikh Abdurrauf  As- Singkili dalam Turjumanul Mustafid yang disusun dalam bahasa Arab Melayu (Bahasa Jawoe: red).

Kegiatan yang diprakarsai oleh Dinas Pendidikan Dayah Aceh itu,  Muhammad Siddiq berhasil mencatat  nilai tertinggi dengan perolehan 357 poin.  Jumlah tersebut sekaligus mengantarkan santri dayah Ulee Titi memboyong trophy juara I.  Disusul Tgk Muhammad Faisal dari dayah Babussalam Alhanafiyah, Aceh Utara pada peringkat II dengan nilai 333,4  dan Tgk.  Amsari utusan Dayah Muzammil Al-Aziziyah, Aceh Tenggara pada posisi III dengan  jumlah nilai 322,1 poin.  Selain memperoleh trophy, para pemenang juga diberikan uang pembinaan dan sertifikat. Juara I: memperoleh Rp. 8.000.000,- Juara II:  Rp. 7.000.000,- dan Juara III: Rp. 6.000.000,-

Sekretaris Dinas Pendidikan Dayah Aceh  Azhari S.Ag M.Si,  didampingi  Kabid Pemberdayaan santri Drs Muhammad Nasir menyebutkan, kegiatan tersebut selain  untuk mencari bakat santri Aceh dalam bidang manuskrip  juga bertujuan mengembalikan  khazanah pemikiran dan karya ulama Aceh pada generasi muda. “Masyarakat yang berperadaban adalah masyarakat berkarakter dan menghidupkan literasi. Kita  berharap dengan adanya perhelatan ini, semoga menjadi titik awal menghidupkan intelektual Syaikh Abdurrauf aS Singkili pada generasi muda islam Aceh.” harapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten Aceh Besar, Ustadz Drs. Adi Darma secara khusus memberikan apresiasi kepada santri dayah Ulee Titi yang telah berhasil menjuarai festival tersebut. “Keberhasilan  ini tidak hanya kemenangan santri atau dayah, akan tetapi juga ikut mengharumkan nama Kabupaten  Aceh Besar di ajang  provinsi.  Hendaknya menjadi spirit dan motivasi bagi santri Kabupaten  Aceh Besar lainnya. Semoga ke depan, santri Aceh Besar tidak hanya menang di tingkat provinsi, kita harap juga mampu bersaing dengan santri-santri di tingkat nasional,” ujar Adi Darma. (**)

Apa Komentar Anda?