Dayah Ulee Titi Juara Baca Kitab Kuning

AF News – Aceh Besar: Dayah Ulee Titi, Gampong Siron, Kecamatan Ingin Jaya, keluar sebagai juara umum Musabaqah Qiraatil Kutub (lomba baca kitab kuning) ke-II tahun 2019 tingkat Kabupaten Aceh Besar.

Kegiatan yang digelar sejak, Selasa (15/10/2019) di Masjid Babussalam, Kecamatan Ingin Jaya itu resmi ditutup Wakil Bupati Aceh Besar Tgk. H. Husaini AW , Jum’at (18/10/2019).

Kafilah Dayah pimpinan H. Abu Athaillah Ishaq Al- Amiry itu memperoleh gelar juara umum setelah sukses mengumpulkan nilai tertinggi dengan jumlah 29 point. Semua nilai tersebut terkumpul dari peserta putra.

Sedangkan juara musabaqah putri dimenangkan oleh Dayah Darul Ikhsan Krueng Kalee dengan jumlah 22 ponit. Dayah Ulee titi tidak mengutuskan peserta putri pada kegiatan tersebut.

Sekretaris Dayah Ulee Titi Tgk. Jufri menyebutkan, perolehan juara umum tersebut adalah sebuah prestasi santri yang patut disyukuri. “Kemenangan ini adalah untuk disyukuri, bukan untuk berbangga diri, semoga menjadi amal ibadah sekaligus modal santri agar lebih giat lagi dalam menekuti pengajian di dayah,” ujarnya.

Kepada pemerintah, Tgk. Jufri berharap supaya event ini terus dipertahankan dan dapat digelar yang lebih meriah lagi di tahun-tahun berikutnya.

Adapun cabang yang diperlombakan pada kegiatan tersebut adalah, Fiqih, Usul Fiqh, Tafsir, Hadist, Tuhid, Tarikh, Akhlaq, Nahw, Pidato Bahasa Arab dan Pidato Bahasa Indonesia. (**)

DAFTAR PEROLEHAN PERINGKAT

Kafilah Putra:
1. Dayah ulee titi Siron, dengan 29 poin
2. Dayah Darul muarrif lam ateuk 22 poin
3. Dayah Darul mutaallimin melayo, 15 poin

Kafilah Putri:
1. Dayah darul ihsan krueng kalee, 22 poin
2. Dayah Insan Qurani Aneuk batee 21 poin
3. Dayah thalibul huda bayu poin 19.

Apa Komentar Anda?