Bupati Aceh Besar Khatib Hari Raya di Kota Jantho

Khutbah hari raya Idul Adha 1439 H/2018 di Masjid Almunawwarah Kota jantho Sumber Foto: http://acehbesarkab.go.id

AF News – Kota Jantho: Bupati Aceh Besar Ir. Mawardi Ali mangajak  masyarakat  melaksanakan ibadah qurban untuk mencapai ridha Allah. Ibadah qurban kata dia, bukan untuk mencari popularitas dan menunjukkan kemampuan kepada orang lain.  “Lakukan dengan ikhlas  dengan mengharap ridha Allah, jika sudah mampu segera laksanakan dan jangan ditunda-tunda,” Ujar Bupati.  Seruan itu  disampaikannya saat  bertindak sebagai khatib shalat hari raya I’dul Adha 1439 H di Masjid Almunawwarah Kota Jantho, Rabu (22/8/ 2018)

Dalam khutbah nya bupati  juga  mengajak jama’ah untuk merenung  kisah para Nabi yang  telah melaksanakan ibadah qurban. Seperti  Nabi Adam, Nabi Ibrahim dan Nabi Muhammad SAW yang telah mengorbankan jiwa, keluarga dan harta untuk menunaikan perintah Allah.

Bupati mencontohkan, kisah dua putera  Nabi Adam, Qabil dan Habil.  Qurban Habil diterima oleh Allah karena ikhlas mengorbankan hewan ternak yang gemuk dan sehat. Sedangkan Qabil menyerahkan  buah-buahan yang busuk dan kering sehingga tidak terima disisi Allah SWT.

Selain kisah dua putera Nabi Adam AS, bupati Mawardi juga menceritakan ketulusan Nabi Ibrahim saat menerima perintah Allah untuk menyembelih  putra satu-satunya  Nabi Ismail AS.  Yang akhirnya Allah gantikan dengan seekor qibas  untuk disembelih.  “Begitu juga perjuangan Nabi Muhammad Rasulullah dan para sahabatnya yang telah membawa risalah untuk ummat manusia agar  bisa hidup damai dan tenteram dalam lindungan Allah,” urai nya.

Sebelum mengakhiri khutbahnya, bupati mengajak para jamaah agar dapat memanfaatkan hari raya sebagai momentum bersilaturrahmi dan saling memaafkan. “Dengan banyak bersilaturrami Allah akan memberika mudah rizki dan keberkatan hidup di dunia dan akhirat,” Tutup Mawardi. (*)

Sumber :  http://acehbesarkab.go.id

Apa Komentar Anda?